Minggu, 02 Desember 2012

Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada Nama Domain Blog

wwwlogo Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada nama domain blog gambar
Hi Welcome, Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Jika anda merasa tulisan di blog ini bermanfaat, silahkan subscribe untuk mendapatkan informasi setiap ada tulisan baru di blog ini. Terima Kasih dan Salam, Blogger Pemula


Banyak alamat blog maupun situs dimulai dengan awalan WWW. Hal ini lebih karena praktek yang sudah umum dan lama untuk penamaan server sesuai dengan layanan hosting internet. Nama host untuk server web diawali dengan WWW, sedangkan untuk server ftp diawali dengan FTP, dan server berita (USENET) menggunakan news atau nntp. Nama host ini yang kemudian akan terlihat sebagai nama subdomain seperti pada www.bloggerpemula.info
Menarik menulis tentang makna WWW pada nama domain blog karena informasi ini pun baru saya ketahui saat mengecek Page Rank blog ini. Saat saya mengecek PR blog ini dengan mengetikkan “http://bloggerpemula.info” saya dapati Google PR-nya 1. Hal ini yang membuat saya heran karena di gambar PR checker menunjukkan angka 2. Karena itu saya coba mengetikkan lagi tapi dengan tambahan awalan WWW menjadi “http://www.bloggerpemula.info” dan terlihatlah PR-nya 2.

Pilih Nama Domain Dengan atau Tanpa Awalan WWW

Penggunaan nama subdomain seperti ini sebenarnya tidak disyaratkan oleh aturan maupun standar tertentu, bahkan banyak situs dan blog yang tidak menggunakan awalan ini, atau malah menggunakan awalan lain seperti WWW2 dll. Sebagian besar server web secara otomatis menetapkan kedua domain (misalnya bloggerpemula.info dan www.bloggerpemula.info) mengarah pada blog yang sama, sebagian lagi perlu kita lakukan secara manual, dan ada juga yang membuat tiap domain mengarah pada dua blog yang berbeda.
Google sendiri secara default menganggap kedua domain ini berbeda kecuali kita memberitahu google bahwa kedua domain tersebut merupakan blog yang sama, dan domain mana yang lebih kita sukai untuk ditampilkan di hasil pencarian google. Hal inilah yang ternyata menyebabkan Page Rank 2 nama domain blog ini berbeda. Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google khususnya ke google webmaster telah dibahas ditulisan sebelumnya. Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan kedua nama domain tersebut di google dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke akun google webmaster kita
  2. Daftarkan kedua nama domain blog kita (misalnya bloggerpemula.info dan www.bloggerpemula.info)
  3. Bila salah satu nama domain sudah pernah kita verifikasi, maka verifikasi nama domain kedua lebih mudah. Klik saja “Verify” dan tidak perlu menambahkan meta maupun halaman baru.
  4. Klik salah satu nama domain untuk masuk ke dashboard domain tersebut
  5. Klik “Site Configuration – Setting
  6. Di bagian “preferred domain” pilih salah satu:
  • Don’t set a preferred domain – Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mangarah pada 2 blog atau situs yang berbeda
  • Display URLs as www.bloggerpemula.info - Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan dengan awalan WWW di hasil pencarian.
  • Display URLs as bloggerpemula.info – bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan tanpa awalan WWW di hasil pencarian.

TIPS Tambahan:

  1. Untuk mengecek apakah kedua nama domain tersebut sudah mengarah ke blog kita, coba ketikkan masing-masing alamat URL blog kita tanpa WWW maupun dengan awalan WWW. Bila salah satunya error atau tidak ditemukan, lakukan redirect nama domain yang error tersebut di penyedia layanan domain atau di akun wordpress kita. Untuk cara redirect ini silahkan tinggalkan komentar bila butuh bantuan.
  2. Cek Page Rank kedua nama domain tersebut apakah sama atau tidak. Hal ini hanya bisa dilihat bila salah satu domain sudah memiliki PR. Setelah melihat beberapa blog sahabat yang ada di tukaran link, ada contoh nama domain yang berbeda dengan WWW dan tanpa WWW milik Kang Yudiono berikut:
 Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada nama domain blog gambar
perbedaan PR dengan WWW dan tanpa WWW
Make Money Blogging @ Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada nama domain blog

Tags: , ,
Popularity: 1% [?]


Sumber :
http://www.bloggerpemula.info

0 komentar:

Jadwal Sholat

Music


Bardan Fitri Hasyimi. Diberdayakan oleh Blogger.